AD (728x60)

Wednesday 22 October 2014

AS type 1 dan AS type 2 pada Redistribute OSPF

Share & Comment
OSPF (Open Shortest Path First) merupakan protocol routing link state dan digunakan untuk menghubungkan router-router yang berbeda dalam satu Autonomous System (AS), sehingga protocol routing ini termasuk kategori Interior Gateway Protocol (IGP). OSPF dikembangkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh RIP, terutama saat pengimplementasian di jaringan yang berskala besar. RIP memiliki kekrurangan dalam kecepatan untuk mencapai kondisi convergence untuk jaringan berskala besar.

Redistribute Route merupakan proses pertukaran informasi atau membagi entery routing pada setiap router yang menjalankan protocol routing untuk bertukar informasi tabel routing yang dimilikinya (routing update).

Pada OSPF, karena mengenal konsep area dan kadang berada pada batas anatara Autonomous System, maka redistribute pada OSPF tidak sesederhana pada RIP.

Pada saat suatu entery  routing static ataupun entery dari routing protocol lain yang ingin di redistribute, maka entery tersebut akan dianggap sebagai external route. Untuk keperluan perhitungan cost, OSPF membagi external route  menjadi dua, yaitu:

1. AS type 1, entery yang di redistribute dengan type 1 akan memiliki cost    internal ditambah dengan cost external.
AS type 1 = sum of cost internal and external cost
 Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa AS type 1 akan menjumlahkan semua cost yang terdapat pada OSPF, baik cost internal maupun cost external.

2. AS type 2, entery ini akan memiliki cost tanpa memperhitungkan cost internal. Artinya jika menggunakan AS type 2, maka cost yang akan dihitung hanyalah cost external saja, sedangkan cost internal akan diabaikan.
 
Internal Cost merupakan cost yang terdapat pada satu area yang sama pada OSPF, sedangkan External Cost merupakan cost yang terdapat pada area lain dalam OSPF yang berada di luar Iinternal Cost
 
 
Pada OSPF, karena menggunakan cost sebagai metric, maka jalur (path) dengan cost yang paling rendah yang akan dipilih sebagai best path (jalur terbaik) untuk menuju network tujuan.


Tags: , , ,

Written by

Network Engineer and MikroTik Academy Trainer

1 comments:

 

Popular Posts

Visitor

IP

Total Pageviews

Followers

Why to Choose Network Engineer?

Copyright © Network Engineer | Designed by Templateism.com