AD (728x60)

Friday 27 November 2015

Teknik Menyembunyikan Pesan Rahasia di dalam File (Steganography)

Share & Comment

Perkembangan telekomunikasi khususnya Internet semakin mempermudah manusia untuk saling bertukar informasi, jika pada abad sebelumnya manusia mengirimkan informasi melalui surat atau pesan dari orang ke orang, maka dengan hadirnya teknologi komunikasi berupa Internet ini sangat membantu manusia khusunya memotong rantai pendistribusian informasi sebelumnya.

Kini orang-orang di seluruh dunia dapat saling bertukar pesan dan informasi melalui fasilitas Internet sepeti browsing, chatting, e-mail, video calling, teleconfrence, dan lain-lain. Namun pengiriman pesan melalui Internet seringkali di bajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, bahkan proses tersebut dilakukan tanpa disadari oleh pemilik pesan, salah satunya menggunakan teknik yang disebut dengan Man in the Midle Attcak. Oleh karena itu manusia mulai mencari teknik untuk mengamankan pesan tersebut, salah satunya menggunakan teknik yang disebut dengan Steganography.

Steganography adalah teknik penyembunyian pesan kedalam pesan lainnya sedemikian rupa, sehingga orang lain tidak menyadari bahwa terdapat sebuah informasi yang tersembunyi di dalam pesan tersebut. Menurut (Sellars, 1996) mengatakan bahwa kata Steganography berasal dari Bahasa Yunani yaitu steganos yang artinya tersembunyi atau terselubung, dan graphein yang artinya menulis. Sehingga Steganography dapat diartikan sebagai "menulis tulisan yang tersembunyi atau terselubung".

Banyak tools di Internet yang dapat kita gunakan untuk menyembunyikan pesan dalam sebuah file seperti Quick Stego, OpenStego, Steghide dan lain-lain. Kali ini penulis akan menggunakan tools Quickstego untuk menyembunyikan pesan dalam sebuah file (misalnya gambar). Terlebih dahulu kita harus mengunduh tool Quickstego di websitenya yaitu www.quickcrypto.com kemudian menginstall-nya di komputer kita. Berikut tampilan aplikasi Quickstego:

Gambar antarmuka Quickstego

Sebelum melakukan penyembunyian pesan, kita harus mempersiapkan beberapa file sebagai berikut:

  1. Aplikasi Quickstego
  2. Gambar (file yang akan dikirim sebagai pesan)
  3. Pesan (teks/pesan yang akan kita sembunyikan dalam file)


Sebelumnya, penulis telah mempersiapkan sebuah gambar sebagai berikut:

Gambar yang akan di isi pesan tersembunyi

Langkah-langkah membuat Steganography adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Quickstego


2. Klik tombol Open Image untuk membuka gambar yang akan kita isi pesan rahasia


3. Di bagian sebelah kanan gambar terdapat Textbox untuk mengisi pesan yang akan kita sembunyikan di dalam gambar, saya akan menuliskan pesan "Perempuan yang memakai rok atau long dress terlihat lebih anggun daripada perempuan yang memakai celana atau jeans".


4. Langkah selanjutnya adalah melakukan proses penyembunyian pesan kedalam gambar dengan menekan tombol Hide Text.



5. Langkah terakhir adalah menyimpan pesan hasil Steganography yang telah kita buat dengan menekan tombol Save Image.


File hasil Steganography akan disimpan dalam format *.bmp di dalam folder yang sudah kita tentukan. Jika kita buka file asli dengan nama Untuk Steganography.jpeg dengan file Steganography Pesan Rahasia Untukmu.bmp sekilas tidak ada yang berbeda dari segi tampilan, keduanya mirip.



Namun, apabila kita bandingkan dari segi ukuran file antara file asli dengan file hasil Steganography, maka akan terlihat perbedaan ukuran file pada file hasil Steganography.


Begitulah teknik yang digunakan untuk menyembunyikan pesan rahasia dalam sebuah gambar menggunakan teknik Steganography. Selanjutnya kita tinggal mengirimkan file tersebut pada orang yang akan kita kirimi pesan.

Mungkin rekan-rekan berfikir bagaimana cara membuka pesan tersebut.? Nah, caranya akan kita pelajari setelah ini..:) stay on my blog..;)
Tags: , , , , ,

Written by

Network Engineer and MikroTik Academy Trainer

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Visitor

IP

Total Pageviews

Followers

Why to Choose Network Engineer?

Copyright © Network Engineer | Designed by Templateism.com