AD (728x60)

Monday 1 September 2014

IP Adress

Share & Comment
IP Address (Internet Protocol Address adalah metode pengalamatan pada jaringan komputer dengan memberikan sederetan angka pada komputer (host), router atau peralatan komputer lainnya. IP Address sebenarnya bukan diberikan kepada komputer (host) atau router, melainkan pada interface jaringan dari host/ router itu sendiri.

Jika sebuah host/ router memiliki 2 (dua) interface jaringan, maka host tersebut bisa saja menggunakan 2 (dua) IP Address sebagai alamatnya. Angka yang digunkan adalah bilangan biner (bilangan yang hanya mengenal angka 1 dan 0). Pengalamatan IP Address merupakan pengalamatan yang memungkinkan alamat-alamat komputer diatur secara logika oleh Administrator jaringan.

Baik host dan router yang berada dalam jaringan harus menggunakan IP Address yang unik. Unik artinya tidak boleh ada dua host yang memiliki IP Address yang sama dalam satu broadcast domain. Karena nomor tersebut merupakan alamat atau pengenal bagi host tersebut dalam jaringan, maka pengiriman data tentu akan kacau jika ada dua komputer yang memiliki alamat yang sama. Bayangkan jika seorang tukang pos disuruh untuk mengirim surat pada suatu perumahan, dimana terdapat dua alamat rumah yang sama maka si tukang post akan kebingungan ke rumah yang mana ia akan menyampaikan suratnya.? begitupun dalam jaringan komputer.

Contoh penerapan IP Address pada jaringan komputer dapat dilihat pada gamnar di bawah ini:
Untuk dapat memahami dan mengimplementasikan teknik routing secara tepat, maka pengetahuan tentang IP Address sangat penting. Apalagi jika anda akan melakukan desain jaringan dan membuat jaringan-jaringan kecil yang saling berhubungan. Efesiensi teknik routing juga akan dicapai jika anda memahami seluk beluk IP Address.

Tags: , , ,

Written by

Network Engineer and MikroTik Academy Trainer

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Visitor

IP

Total Pageviews

Followers

Why to Choose Network Engineer?

Copyright © Network Engineer | Designed by Templateism.com